Go to...

Setting Channel Parabola Receiver Digital Openbox X5

Setting Channel Parabola Receiver Digital Openbox X5

 

Setting Channel Parabola Receiver Digital Openbox X5

Bagi yang belum terbiasa dengan tampilan menu di Openbox X5 maupun Trendsat T5,mungkin baru pertama kalinya berpindah ke receiver canggih yang support internet ataupun sudah terbiasa dengan tampilan menu jenis receiver Matrix atau yang lainnya,pasti akan merasa binggung dalam melakukan penyettingan frekwensi dan satelit agar bisa menampilkan channel-channel tv yang kita kehendaki di satelit tujuan.
Pada kesempatan kali ini,Toko Online Parabola gdelyn.com akan membagikan pengalaman tentang cara setting channel parabola di receiver digital Openbox X5 maupun Trendsat T5.Walaupun kami bukan master di bidang persatelitan,tapi hanya newbie yang senang belajar dan hobbies parabola,kami akan mencoba berbagi pengalaman yang kami ketahui supaya bermanfaat juga buat penghobby parabola lainnya.
Penyettingan yang akan kita bahas kali ini adalah penyettingan di receiver untuk dapat menampilkan channel-channel tv di satelit yang dituju dengan mengguna antena parabola berpenggerak.Jadi,disini kita anggap penggaturan pada antena parabola sudah siap dan dapat menerima sinyal-sinyal yang dipantulkan oleh satelit tujuan kita dengan menggunakan actuator dan positioner.
Mungkin bagi yang baru saja mengganti receiver baru dan kebetulan memilih Openbox X5 atau Trendsat T5 serta menggunakan antena parabola berpenggerak,baik jenis antena jaring/mesh maupun jenis antena solid,maka bisa mengikuti langkah-langkah penggaturan yang akan kami sampaikan dibawah ini.

Cara Setting Channel Parabola Receiver Digital Openbox X5

  • Masuk ke menu dan pilih menu Installation.  
    cara setting channel Openbox X5 HD,receiver digital,receiver hd
  • Pada menu Installation geser ke kanan pilih menu Satellite Setup dan tekan OK..Sebelumnya masukkan password dulu apabila diminta,dan password default adalah 0000. 
    cara setting channel receiver openbox x5,receiver digital,receiver mpeg4
  • Pilih salah satu satelit yang akan kita setting,misalnya Palapa D.
  • Isi parameter seperti LNB frequency,Transponder,22KHz,LNB Power dan Motor Type.Silahkan lihat parameternya pada gambar dibawah. 
    setting channel receiver digital openbox x5,receiver hd,setting parabola
  • Kemudian masuk ke menu Motor Setup.
    setting channel parabola,cara setting channel receiver openbox x5,receiver digital
  • Pilih salah satu transponder.
  • Pilih nomor posisi satelit pada menu Position No & Save.
  • Lanjut ke menu Go To,pilih nomor posisi satelit Palapa D yang telah kita simpan pada penggaturan positioner dahulu,contohnya P01,P02 atau yang lainnya.Maka antena parabola akan bergerak menuju ke posisi yang dituju,dan apabila posisi sudah tepat maka sinyal kualitas akan terlihat.
  • Apabila kualitas sinyal masih belum maksimal,maka kita lanjutkan ke menu Move Step.Sorot pada menu Move Step dan tekan tombol kanan,selanjutnya kita bisa mengarahkan antena kita ke kiri atau ke kanan selangkah demi selangkah sampai dicapai kualitas sinyal maksimal.Kemudian tekan tombol OK untuk berhenti.
    setting channel parabola,cara setting channel receiver openbox x5,receiver digital
  • Setelah selesai,arahkan ke menu Save dan tekan OK.Maka posisi antena kita sudah tersimpan di receiver.

Demikianlah langkah-langkah penyettingan channel pada receiver Openbox X5 ataupun Trendsat T5+.Bagi yang memiliki receiver merk lain yang menunya mirip-mirip seperti diatas bisa juga disesuaikan.Pada intinya adalah kita menyesuaikan arah antena parabola terhadap channel yang dituju.Setelah semua channel telah berhasil ditangkap pada masing-masing satelit,maka saatnya untuk menuju tahap selanjutnya yaitu cara setting internet receiver parabola Openbox X5 dan Trendsat T5+.

    Copyright by Gdelyn
    Tinggalkan Komentar Melalui Facebook

    Jika Anda menyukai artikel di situs ini, silahkan input Email Anda pada Form yang disediakan, lalu Klik Untuk Berlangganan. Dengan begitu, Anda akan berlangganan setiap update artikel terbaru kami secara gratis via FeedBurner ke Email Anda.

    gdelyn.com feedburner-Gdelyncom

    About Felix Young

    Selaku penggelola Toko Online Receiver Digital Parabola FullHD Gdelyn.com mengucapkan terima kasih atas kunjungan anda.Silahkan tinggalkan Komentar,Saran dan Masukan anda dikotak komentar,untuk lebih meningkatkan pelayanan yang kami berikan diwaktu yang akan datang sehingga terus berkembang dan mengikuti trend dunia satelit.

    21 Responses to “Setting Channel Parabola Receiver Digital Openbox X5”

    1. June 7, 2013 at 1:56 pm

      waw canggih juga yaa

    2. June 7, 2013 at 1:58 pm

      ya canggih donk Vina,kan ikut kemajuan zaman juga.Berminat jadi hobbies parabola juga Vina? (-:

    3. June 7, 2013 at 3:54 pm

      Ulasanan penjabarannya cukup komplit, namun bagi orang awam seperti saya harus berulang kali dalam mebaca artikel ini. Maklum Kang, harus pelan-pelan. he,,,,x9

      Sukses selalu Kang Felix
      Salam wisata

    4. June 7, 2013 at 3:57 pm

      Terima kasih atas kunjungannya bro Ejawantah,sukses juga…

    5. June 14, 2013 at 2:29 pm

      belum ada postingan terbaru ternyata

    6. June 14, 2013 at 2:33 pm

      iya nih Vina,masih sibuk jadi belum sempat posting.Padahal sudah dikejar-kejar deadline mbah google supaya cepat naik ranking,hehehe…

    7. June 18, 2013 at 4:31 pm

      bos….cara untuk mengetahui RF input frequensi rangenya gimana….? di x5 ini …? saya merasa ragu….saya track di nss6 untuk low freq…bisa lock tapi di high freq…..seperti 12595,12647…dst sama sekali nol bos alias 0% noise nya bagus 75% untuk LO nya saya set 9750-10600……mohon infonya bos…apakah perlu upgrade software….ato gimana bos..?hawatir range inputnya 950Mhz-1450Mhz….!!! harusnya 90-2150Mhz…thanks

    8. June 18, 2013 at 4:42 pm

      Bro Erwin,pertanyaannya sangat sulit bagi newbie seperti saya untuk menjawabnya.menurut saya software tidak berpengaruh,tapi boleh dicoba juga upgrage software siapa tahu bisa.Lebih detilnya bro Erwin bisa berkunjung ke http://www.forumsatelit.com,disana banyak master2 yang bisa membantu.

    9. July 5, 2013 at 3:38 pm

      harga berapa om' plus ongkir. ..

    10. July 5, 2013 at 3:40 pm

      Silahkan hubungi saya di no 0852 8095 8095 pak Agusti Putra.

    11. July 23, 2013 at 4:08 pm

      Mohon Bantuannya bro,,,!
      Saya punya receiver Terndsat HD T5+,,tapi pemasangannya belum maksimal sesuai dengan peruntukannya,,!
      apakah bisa kita menonton siaran-siaran TV dari Astro, Telkomvision,atau semacamnya,,!
      jika bisa,,! mohon panduan nya,,,,!
      Trims,,

    12. July 23, 2013 at 4:15 pm

      Untuk dapat menonton paytv seperti astro dll menggunakan receiver trendsat tentu saja bisa bro Ramses.Hal pertama yang musti dilakukan adalah setting antena parabola untuk mendapatkan sinyal dari satelit tujuan kita.Setelah dapat sinyalnya,tinggal kita setting koneksi internet dan masukkan tiketnya saja.

    13. Anonim
      May 30, 2014 at 6:02 am

      tolong dong, saya tdk bisa dapat channel satelite telkom

    14. May 30, 2014 at 7:14 am

      Untuk mendapatkan sinyal dari satelit Telkom,antena musti diarahkan ke posisi 108 derajat dan settingan lnb dan parameter di receiver harus tepat, jadi sebaiknya minta settingkan sama teknisi parabola terdekat saja kalau belum begitu paham.

    15. Anonim
      March 17, 2015 at 2:24 am

      mas bro.., mau nanya nih terkait posting artikel di atas.
      Jadi sy punya openbox X5 mas, saya bingung nih cara seting nambah satelit di openbox X5. sy udah ikutin petunjuknya mas Felix, tapi sampai di menu Satellite Setup ada yg bikin sy bingung.
      Untuk posisi satelit, misalnya Palapa D, mungkin bisa saya dapat posisinya di Lyngsat ya…(CMIIW). Namun bagaimana cara menentukan nilai parameter selanjutnya seperti yg tertera di screenshot ketiga, antara lain :

      – LNB Frequency, cara tentukan nilai parameter LNB Freq yg tepat untuk tiap2 satelit bagaimana mas ? misalnya pada gambar LNB Freq nya 5150..nah angka 5150 itu dari mana mas..?

      – Kemudian juga nilai parameter Transponder utk tiap satelit dapatnya dari mana atau bagaimana menentukannya mas ?

      – Lalu menentukan parameter 22Khz dan LNB power ON atau OFF itu juga bagaimana mas, dan juga Tone Burst Mode..?

      – Terus untuk parameter DISEqC 1.0 dan DISEqC 1.1 apakah nilai parameternya ENABLE atau DISABLE bagaimana menentukannya mas..?

      – Dan juga Motor Setup yg pilih apakah DISEqC 1.0 atu 1.1.., bagaimana menentukannya ..

      Kalau mas Felix tidak keberatan mungkin posting tulisan ini bisa di update tentang bagaimana tracking/menambah satelit di Openbox X5 secara lengkap, jelas dan di sertai gambar. Sebagai contohnya mungkin bagaimana menambah satelit Palapa D dan menentukan nilai parameter2 yg saya tanyakan di atas pd menu openbox dan juga setingan di positioner

      Maaf kalau saya nanya kebanyakan ya mas..maklum newbie mas, jd saya juga bingung mau tanya ke siapa.

    16. March 17, 2015 at 2:30 am

      Lnb frek untuk Cband sdh tetap pakai 5150,untuk daftar transponder bisa ditambahkan melalui menu tplist.nilainya disa dilihat di Lyngsat.Untuk menentukan 22khz dan diseqc harus disesuaikan dengan konfigurasi pemasangan switch di lnb.Apabila kabel lnb langsung masuk ke receiver dan tidak melalui switch maka penggaturan pakai Off dan disable.

    17. Anonim
      March 18, 2015 at 3:54 pm

      Untuk informasi tambahan, saya kan pake parabola gerak Venus dengan LNB nya yang Combo C band & Ku band. Nah kalo bgitu lalu setingannya gimana mas, baik untuk LNB Freq nya maupun setingan DiSEqC-nya..

    18. March 18, 2015 at 3:58 pm

      Lnb frek tetap yg Cband pakai 5150 dan KU Band pakai 9750-10600.Untuk settingan diseqc 1.0 tergantung dari merk lnb combo yang dipakai,karena ada lnb combo yang sudah termasuk switch didalamnya ada juga lnb combo yang musti memakai switch tambahan diluar untuk menggabungkan bagian Cband dan KU band.

    19. March 24, 2016 at 1:20 pm

      I see you don’t monetize your page, i think there
      is one opportunity to earn additional money on your website, search in google for: idol4jp makes money

    20. yohanes
      April 11, 2016 at 7:57 am

      bang, apakah ada update terbaru open box x5 yang bisa buka acakan power vu